News

92 Ribu Calon Haji Indonesia Tiba di Tanah Suci, 40 Persen Sudah di Madinah


Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Saiful Mujab, mengemukakan bahwa sekitar 92 ribu calon haji (Calhaj) Indonesia telah diberangkatkan ke Tanah Suci, Arab Saudi.

“Jamaah calon haji yang sudah berangkat untuk di Madinah 40 persen selesai melalui Jeddah sebanyak 17 kloter. Jadi, totalnya sekitar 92.000 Calhaj Indonesia sudah tiba di Tanah Suci,” kata Saiful Mujab usai melepas Jamaah Calon Haji (JCH) di Embarkasi Antara, Provinsi Lampung, Bandarlampung, Jumat (24/5/2024).

Saiful Mujab menyatakan bahwa kelompok terbang (kloter) JKG 30 Lampung yang berangkat hari ini termasuk dalam gelombang kedua. Jamaah calon haji ini akan menuju Jeddah dengan langsung mengenakan pakaian ihram.

Baca Juga  HUT PII, Insinyur Kota Semarang Targetkan Pembangunan Merata

“Arab Saudi memberikan layanan fast track untuk gelombang kedua, sehingga calon haji tidak perlu lagi melalui proses imigrasi di Arab Saudi. Setelah berpakaian ihram, mereka tinggal dibimbing dan dipandu untuk memulai niat (beribadah haji), miqatnya di Jeddah,” jelas Saiful.

Layanan fast track ini tidak hanya berlaku di Embarkasi Soekarno Hatta (Soeta), tetapi juga di Adi Soemarmo Solo dan Juanda Surabaya. “Layanan fast track ini berlaku juga di Adi Soemarmo Solo dan Juanda Surabaya,” kata Saiful.

Saiful Mujab juga menginformasikan bahwa hingga saat ini sudah ada delapan calon haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci. “Jamaah yang wafat hingga kini sudah delapan orang. Bagi jamaah yang wafat saat sudah masuk asrama haji atau sudah berada di Arab Saudi, akan didata dan dibadalkan dalam pelaksanaan ibadahnya. Sementara bagi jamaah yang meninggal sebelum masuk asrama haji, tidak tercatat karena belum masuk,” jelasnya.

Baca Juga  MUI Sebut Serangan Israel saat Salat Idul Adha di Masjid Al Aqsa Bukti Islamofobia

Dengan jumlah calon haji yang terus bertambah, Kemenag berharap seluruh proses keberangkatan dan pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan, serta memberikan kenyamanan bagi para jamaah selama berada di Tanah Suci.

Back to top button