Arena

FIFA Restui Pengunaan VAR Pada Championship Series Liga 1


Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) memberikan lampu hijau untuk sepak bola Indonesia dalam penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

Rencananya, pengunaan VAR akan dilakukan pada pertandingan Championship Series Liga 1 Indonesia pada Mei 2024.”Jadi keputusannya sangat baik dan saya katakan lulus,” kata Instruktur VAR FIFA, Subkhiddin bin Mohammad Salleh usai meninjau proses uji coba VAR di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (25/3/2024) malam.

Lebih lanjut dia menjelaskan, uji coba terakhir di Solo berjalan baik dan hari ini juga sudah dinyatakan layak untuk diterapkan dalam tahap Championship Series Liga 1.

Ia mengatakan, hari ini sejumlah rangkaian uji coba dilakukan kepada asisten wasit yang akan menggunakan teknologi tersebut.

Baca Juga  Perawatan Gedung, Pasar Tanah Abang Blok A Tutup hingga 21 April

“Hari ini kami mengadakan final assessment untuk menilai kemampuan, kapabilitas, dan cara berkomunikasi mereka dengan wasit yang ada di lapangan,” ujar instruktur VAR FIFA asal Malaysia itu.

Meski begitu, FIFA tetap akan memantau penerapan teknologi itu dan tetap mematangkan pemahaman wasit terkait protokol penerapan VAR.

Project Manager Technology PT Liga Indonesia Baru (LIB), Muhammad Syafiq Bahanan, mengatakan ke depan dalam pertandingan ada empat wasit yang akan bertugas di lapangan, yaitu satu wasit utama, dua asisten wasit atau hakim garis, dan satu cadangan.

Sedangkan untuk membantu wasit utama di dalam lapangan, wasit VAR yang dalam ruangan ada tiga, yaitu wasit VAR, asisten wasit VAR, dan operator VAR.

Baca Juga  Cincin Olimpiade Akan Hiasi Menara Eiffel, Sambut Gebyar Olimpiade Paris 2024

Syafiq menambahkan, khusus wasit dan asisten wasit VAR harus berlisensi FIFA.

Saat ini Indonesia memiliki 13 wasit yang berlisensi VAR dan 22 orang berlisensi asisten wasit VAR. PT LIB memberlakukan dua tahap di Liga 1 musim 2023/2024, yaitu fase Reguler Series dan Championship Series.

Championship Series merupakan tahap kedua dari sistem kompetisi yang mulai dijalankan pada Liga 1 musim ini. Fase itu akan bergulir setelah fase Reguler Series selesai dengan sistem kompetisi pada umumnya.

Berdasarkan jadwal kompetisi yang dirilis PT LIB, fase reguler akan berakhir pada 28 April 2024. Sebanyak sembilan pertandingan akan berlangsung di hari yang sama pada 28 April.

Setelah itu, empat tim teratas dari 34 pekan pertandingan fase awal akan dipertemukan dalam Championship Series.

Baca Juga  Lazio Tunjuk Igor Tudor Jadi Pelatih Baru dengan Kontrak 18 Bulan

Hal itu berarti, juara kompetisi musim 2023/2024 tidak berhenti begitu fase Reguler Series selesai. Namun, juara justru akan ditentukan dalam babak Championship Series.

Fase Championship Series akan digelar pada 4-26 Mei 2024. Berdasarkan regulasi fase itu akan berlangsung dengan format kandang-tandang.

Penerapannya, peringkat pertama klasemen akhir fase Reguler Series akan bertemu dengan peringkat keempat, sedangkan runner up akan berhadapan dengan tim peringkat ketiga.

Tim yang kalah agregat dalam pertandingan dengan skema dua leg tersebut, akan kembali dipertemukan untuk memperebutkan peringkat ketiga. Sedangkan tim yang menang akan bertarung dalam laga puncak atau final.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button