JatengNewsGallery

FOTO: Pasar Hewan Ambarawa Jelang Idul Adha 2024

inilahjateng.com ( Ambarawa ) – Suasana jual beli di Pasar Hewan Ambarawa , Kabupaten Semarang, Senin (10/6/2024). Jelang Hari Raya Idul Adha masyarakat permintaan akan hewan ternak seperti kambing, sapi, dan domba cenderung mengalami peningkatan. Mengingat momentum tersebut menjadi bagian dari sunah untuk kaum muslim melaksanakan kurban.***

Pasar yang buka setiap hari Pon dalam penanggalan Jawa tersebut, dalam tiga pasaran Pon terakhir penjual hewan bertambah dan mengalami peningkatan permintaan hewan kurban menjelang Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah. 

Penjualan sapi, kambing dan domba untuk kurban meningkat sekitar 30%. Selain itu jumlah pedagang yang membawa hewan ke pasar tersebut meningkat yakni 500 ekor sapi dan 800 ekor kambing dan domba.
Pedagang yang datang ke pasar tersebut di antaranya dari Salatiga, Boyolali, Magelang, Kendal, Wonosobo,  Temanggung dan sekitarnya .
Menjelang Iduladha harga hewan kurban naik rata-rata Rp1-2 juta/ekor. Harga kambing untuk ukuran 25-35 kg dijual antara Rp2-4 juta/ekor, sementara sapi dengan berat 350-500 kg dikisaran harga Rp21-26 juta.
Hewan yang masuk ke pasar, secara kesehatan sudah menjalani pemeriksaan. Sehingga dipastikan layak konsumsi, apalagi untuk hewan kurban Idul Adha.
Transaksi jual beli kambing antara pembeli dan penjual, Lembaga Riset Institute for Demographic and Poverty Studies (IDEAS) memproyeksikan potensi ekonomi kurban Indonesia pada Idul Adha 1445 Hijriah mencapai sekitar Rp 28,2 triliun dari 2,16 juta orang yang melaksanakan kurban (shahibul qurban).

 

 

Simak terus inilahjateng.com untuk mendapatkan informasi baru dan perkembangan beragam berita peristiwa menonjol di Jawa Tengah serta nusantara mulai politik, hukum, kriminal, ekonomi-bisnis, sosial-budaya, olah raga, kesehatan, pendidikan, pariwisata, hiburan (entertainment), hingga kearifan lokal (local wisdom) dan lainnya.

Baca Juga  Qatar: Proposal Biden Mengarah ke Gencatan Senjata Permanen di Gaza
Back to top button