JatengNewsGallery

FOTO: Pentas Seni Peringatan Peradaban Desa

inilahjateng.com (Kabupaten Magelang) – Sejumlah anak beristirahat seusai pentas saat peringatan acara Hari Peradaban Desa di areal Persawahan Desa Plumbon Grabag Kabupaten Magelang, Selasa (21/5/2024). Hari Peradaban Desa yang ke-4 kalinya dilaksanakan pentas pada sejumlah tempat di Magelang, Yogyakarta, Boyolali, Bali, Belanda, dan Afrika, mulai hari Sabtu (19/5/2024) hingga sampai Selasa (21/5/2024).***

Petani beraktifitas dengan latar belankang karya seni instalasi di areal sawah Desa Plumbon Grabag Kabupaten Magelang.
Sejumlah anak melintas pada seni instalasi yang terpasang di areal sawah Desa Plumbon Grabag Kabupaten Magelang. Hari Peradaban Desa yang dirintis oleh Komunitas Lima Gunung (Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan Menoreh) digelar setiap tanggal 21 Mei.
Bentuk kegiatan yang digelar di dusun atau desa berbasis komunitas serta jejaringnya di beberapa kota di Indonesia dan luar negeri itu, antara lain pentas kesenian, prosesi ritual, kenduri, performa seni, sarasehan, pidato kebudayaan, dan pembacaan puisi.
Pada tahun 2024 ini peringatan Hari Peradaban Desa mengangkat tema ‘Indonesia Bagian dari Desaku’.
Peringatan Hari Peradaban Desa di Studio Mendut Mungkid, Kabupaten Magelang bertemakan ‘Ritual Alam’, menampilkan Kiai Kanjeng dengan musikalisasi puisinya. 
Ritual merawat air pada sumur songo merupakan serangkaian upacara adat dan kreasi budaya desa untuk peringatan Hari Peradaban Desa di Dusun Mantran Wetan Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang
Komunitas Lima Gunung mencetuskan Hari Peradaban Desa sebagai wujud penghormatan dan pengakuan terhadap kehidupan budaya, ekologi, tata kelola, dan kerarifan lokal desa.
Sejumlah anak beraksi saat peringatan Hari Peradaban Desa di Desa Plumbon Grabag Kabupaten Magelang
Areal sawah di Desa Plumbon Grabag Kabupaten Magelang disulap menjadi tempat pentas peringatan Hari Peradaban Desa.
Adegan pentas tari Perang Diponegoro di Studio Mendut Mungkid, Kabupaten Magelang sebagai simbol kuatnya peradaban desa saat melawan tirani penjajahan.

 

Baca Juga  FOTO: Pasar Hewan Ambarawa Jelang Idul Adha 2024

 

Simak terus inilahjateng.com untuk mendapatkan informasi baru dan perkembangan beragam berita peristiwa menonjol di Jawa Tengah serta nusantara mulai politik, hukum, kriminal, ekonomi-bisnis, sosial-budaya, olah raga, kesehatan, pendidikan, pariwisata, hiburan (entertainment), hingga kearifan lokal (local wisdom) dan lainnya.

 

Back to top button