JatengNewsGallery

FOTO: Tradisi Apitan di Kelurahan Sampangan Semarang

inilahjateng.com (Semarang) – Ribuan Warga melihat kesenian kuda Lumping saat tradisi apitan di Lapangan Kelurahan Sampangan Semarang, Sabtu (8/6/2024). Tradisi Apitan berasal dari adanya bulan yang diapit bulan Syawal dan bulan Zulhijjah. Rangkaian acara dimulai dengan aksi kuda lumping dari kelompok kesenian Turonggo Seto. ***

Tradisi Apitan di Kelurahan Sampangan Semarang, adalah tradisi syukuran secara turun temurun ini yang tetap dilestarikan meski kelurahan tersebut saat ini telah berubah menjadi perkotaan yang padat pemukiman.
Tradisi apitan dulunya merupakan suatu sarana dan prasarana untuk kegiatan sedekah bumi apitan yang kemudian dikembangkan menjadi suatu kegiatan yang merakyat serta dapat menghibur masyarakat Sampangan Semarang.
Dua puluh penari yang telah dirias memasuki lapangan. Mereka membawa atribut kuda lumping dengan riasan khas jaran kepang. Secara berlahan mereka menari sesuai alunan gamelan.
Tradisi Apitan merupakan kegiatan rutin Warga Sampangan Semarang sebagai rasa syukur diberikan kelimpahan rizki.
Paguyuban Turonggo Seto Sampangan merupakan seni jaran kepang yang telah ada puluhan tahun lalu.
Seorang penari kesurupan dan menerobos penari lain sehingga lainnya kesurupan. Suasana semakin tidak karuan, lantaran para pemain jaran kepang menerobos ke arah penonton.
Paguyuban Jaran Kepang Turonggo Seto melakukan berbagai persiapan. Seperti menyiapkan dupa atau menyan, berbagai sesaji, dan air suci berisi bunga tujuh rupa yang didoakan untuk antipasi mereka yang kesurupan.
Penonton pun banyak yang kesurupan silih berganti. Mereka mengamuk, dan memperebutkan air bunga tujuh rupa. Ada juga yang mengamuk ingin masuk ke sumur yang berada tak jauh dari lapangan. Tapi semua bisa dikendalikan.
Kegiatan tradisi apitan terselenggara dan dikelola oleh warga, dari biaya dan lainnya semua dari warga, kegiatan ini dari warga oleh warga dan untuk warga.

Salah seorang pemuda yang diajak menari menjadi kesurupandan berusaha disadarkan oleh sejumlah penari sambil menari mengikuti alunan gamelan.

 

Baca Juga  Viral Gaji Dipotong Tapera, DPR Segera Panggil Pemerintah

 

 

Simak terus inilahjateng.com untuk mendapatkan informasi baru dan perkembangan beragam berita peristiwa menonjol di Jawa Tengah serta nusantara mulai politik, hukum, kriminal, ekonomi-bisnis, sosial-budaya, olah raga, kesehatan, pendidikan, pariwisata, hiburan (entertainment), hingga kearifan lokal (local wisdom) dan lainnya

Back to top button