Hangout

Geyser Cisolok Sukabumi Jadi Primadona Wisata Akhir Pekan


Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) Geyser Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menjadi primadona bagi wisata akhir pekan. Setiap hari Sabtu dan Minggu, ribuan wisatawan menyambangi tempat wisata air panas yang bersumber dari Gunung Salak tersebut.

“Setiap libur akhir pekan pengunjung atau wisatawan yang datang ke objek wisata yang berada di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok ini selalu membludak. Biasanya saat libur akhir pekan mayoritas wisatawan yang datang berasal dari dalam Kabupaten Sukabumi dan beberapa daerah sekitar,” kata Petugas Pengelola ODTW Geyser Cisolok Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Feby Marwan kepada Antara di Sukabumi, Minggu (9/6/2024).

Menurut dia, selama dua hari terhitung pada Sabtu dan Minggu jumlah wisatawan yang datang diperkirakan tidak kurang dari 2.000 orang. Tak hanya dari Sukabumi, wisatawan yang datang dari daerah tetangga seperti Bogor, Cianjur, bahkan Jakarta pun cukup banyak.

Baca Juga  Beri Sinyal PDIP jadi Oposisi, Ganjar: Pidato Mega Selaras dengan Keinginan Kader

Objek wisata yang berada di kawasan UNESCO Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Sukabumi, bahkan hari-hari biasa pun wisatawan yang datang cukup banyak tetapi tidak sepadat saat libur akhir pekan.

Geyser Cisolok ini bisa dikatakan primadona dan fenomenal karena keberadaannya sudah dikenal sejak puluhan tahun dan memiliki nilai tersendiri, apalagi geyser seperti yang berada di Kecamatan Cisolok ini hanya ada dua di dunia, yang salah satunya di sini.

Wisatawan yang datang tidak hanya sebatas berwisata saja, tetapi ada juga yang datang untuk kepentingan terapi seperti terapi penyakit kulit, encok dan lain sebagainya serta tidak sedikit dari mereka yang mengaku sembuh dari penyakitnya itu.

Baca Juga  Sri Mulyani Ambil Formulir Pendaftaran Bakal Cagub Jateng ke PDIP

“Untuk menjaga objek wisata yang terbentuk dari fenomena alam ini, secara rutin kami melakukan pemeliharaan dan penataan demi kenyamanan para wisatawan. Serta memberikan imbauan kepada pengunjung untuk mematuhi peraturan selain mencegah kerusakan juga mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan,” ujar Feby.

post-cover
ODTW Geyser Cisolok, Sukabumi. (Foto: Sukabumi Ekspres)

Di sisi lain, Camat Cisolok Jenal Abidini mengatakan menyambut Healthy Cities Summit (HCS) 2024 yang diselenggarakan di pada Juli mendatang, pihaknya terus melakukan pembenahan dan penataan salah satunya ODTW Geyser Cisolok.

Adapun penataan yang dilakukan yakni merelokasi 112 pedagang yang berada di dalam objek wisata ke tempat asalnya atau di luar kawasan Geyser Cisolok. Langkah penertiban ini tidak ada penolakan dari pedagang dan secara sukarela kembali lapak mereka sebelumnya.

Baca Juga  Suami BCL Dilaporkan ke Polisi, Diduga Gelapkan Dana Rp6,9 Miliar

Salah seorang wisatawan asal Sukabumi Dian Prayoga (26 tahun) mengatakan, dirinya sudah cukup sering datang ke Geyser Cisolok, selain melakukan terapi untk diri sendiri, dia juga mengenalkan ke teman rombongannya adanya geyser di Cisolok.

“Sering ke sini, biasa terapi kaki pegal pegal, kali ini saya ajak teman yang baru pertama kali, sekaligus mengenalkan tempat wisatanya, siapa tahu lain waktu dia bisa ajak keluarga ya,” tuturnya

 

Back to top button