News

Indonesia Beli 24 Unit Jet Tempur Canggih F-15EX

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Senin (21/8/2023) menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang merupakan komitmen pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX baru dari AS. Pesawat F-15EX adalah jet tempur terbaru generasi 4.5.

Mengutip siaran pers Kementerian Pertahanan yang diterima Selasa (22/8/2023), penandatanganan komitmen pembelian itu dilakukan di markas Boeing di St. Louis, Missouri, AS.

Kepastian penandatanganan komitmen itu juga disampaikan Menhan Prabowo lewat akun Instagram pribadinya.

“Penandatanganan MOU komitmen pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX,” tulis Prabowo sebagai caption dari foto yang ia posting.

Indonesia Jet Tempur

Sebelumnya, pada November 2022 lalu, Prabowo mengatakan rencana pembelian jet tempur F-15 itu sedang menunggu persetujuan akhir dari pemerintah. Ketika Menteri Pertahanan AS Llyod Austin berkunjung ke kantor Kementerian Pertahanan di Jakarta, kedua menteri ini sempat melangsungkan pertemuan tatap muka.

Baca Juga  Bawaslu: Semua Tahapan Pilkada 2024 Rawan Gesekan

Saat itu, Prabowo menyebut Boeing telah menyetujui tawaran finansial yang diberikan dan diyakini terjangkau. Ia juga mengatakan bahwa negosiasi berlangsung sangat baik.

Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui potensi penjualan pesawat tempur F-15 dan peralatan terkait lainnya pada Februari 2022.

“Kami tentu mendukung upaya Menhan Prabowo untuk terus memodernisasi sistem dan kemampuan pertahanan mereka, dan kami ingin terus membantu dengan cara apapun yang kami bisa,” ujar Austin seraya menambahkan bahwa ‘akuisisi F-15 tentu meningkatkan interoperabilitas’.

Indonesia Jet Tempur

Keunggulan Jet Tempur F-15EX

Jet tempur F-15EX yang dibuat oleh Boeing ini merupakan seri terbaru dari keluarga pesawat F-15 yang telah beroperasi sejak lama. Pesawat ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain dapat membawa muatan hingga 13.380 kilogram, yang berarti dapat membawa lebih banyak senjata dibandingkan pesawat tempur generasi sebelumnya.

Baca Juga  Bawaslu Garut Tolak Dua Pemohon Sengketa Pendaftaran Calon Perseorangan Pilkada 2024

Pesawat F-15EX itu juga memiliki kinerja mesin yang tinggi, dan struktur pesawat didesain untuk dapat memberi pelayanan hingga 20.000 jam terbang.

Pesawat F-15EX dilengkapi sistem avionik canggih, sistem radar dan piranti avionik lain yang memungkinkan pesawat mendeteksi dan melacak target dengan akurasi tinggi.

Indonesia Jet Tempur

Dari segi integrasi senjata, pesawat tempur F-15EX dapat dilengkapi dengan berbagai jenis senjata, antara lain rudal udara-ke-udara, bom, hingga senjata khusus lainnya.

Pesawat tempur F-15EX ini dapat dioperasikan dalam berbagai misi, mulai dari superioritas udara, serangan darat, hingga operasi maritim; serta berkomunikasi dalam jaringan pertempuran yang sangat luas.

Keunggulan itu membuat F-15EX dikenal sebagai salah satu pesawat tempur paling canggih dan serba guna di dunia saat ini.

Baca Juga  Polisi Kejar 398 Member Grup Telegram Video Porno Anak, Bisa Ditetapkan Tersangka

Indonesia Jet Tempur

Back to top button