Market

Inilah Tempat Penukaran Uang Baru dari Layanan Kas Keliling BI


Bagi yang ingin menukarkan uang, bisa mencari layanan kas keleliling dari bank Indonesia yang mangkal di empat titik di Jabodetabek, Senin (25/3/2024). Mulai di Pasar, Pasar Kopro, Pasar Tebet Barat, hingga Pasar Kramat Jati.

Untuk penukaran pecahan uang baru, BI menyiapkan uang baru senilai Rp197,6 triliun. Bila dibandingkan 2023, jumlah ini meningkat 4,65 persen. BI memperkirakan proyeksi kebutuhan uang terbanyak akan terjadi wilayah Jawa, yakni Rp 119,9 triliun atau 60,7 persen.

Sebelum menukarkan uang, masyarakat harus mendaftarkan pemesanan penukaran uang terlebih dahulu. Pemesanan dilakukan melalui laman piintar.bi.go.id dan memilih lokasi penukaran. Lokasi penukaran dapat diakses melalui laman pintar.bi.go.id.

Masyarakat juga dapat melakukan penukaran langsung atau go-show pada kas keliling BI selama kuota masih tersedia. Namun, tetap harus memesan lewat laman Pintar.

Baca Juga  DPR: Pertamina Perlu Siagakan SPBU di Titik Rawan Kemacetan Saat Mudik dan Balik

Setiap satu kali penukaran, masyarakat dapat menukarkan uang hingga Rp 4 juta. Pecahan uang yang dapat ditukarkan beragam mulai dari Rp 1 ribu hingga pecahan Rp 50 ribu.

Adapun rinciannya adalah maksimal 100 lembar untuk pecahan Rp 1 ribu dan maksimal 200 lembar pecahan Rp 2 ribu. Sedangkan untuk pecahan Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu masing-masing dibatasi maksimal 100 lembar. Kemudian, untuk pecahan Rp 20 ribu dibatasi maksimal 50 lembar dan Rp 50 ribu paling banyak 20 lembar.

Besok menjadi hari keenam dalam rangkaian jadwal layanan kas keliling BI untuk penukaran uang baru dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 2024. Ke depannya, BI masih akan membuka layanan kas keliling di sejumlah titik hingga 5 April 2024.

Baca Juga  Ikuti Netflix, Disney Plus Bakal Tindak Pengguna yang Berbagi Password Mulai Juni 2024

Berikut jadwal penukaran uang baru di kas keliling BI setelah 25 Maret, antara lain:
– Tanggal 26 Maret: Kas Keliling Karawang.
– Tanggal 28 Maret: Kas Keliling Terpadu Istora Senayan.
– Tanggal 29 Maret: Kas Keliling Terpadu Istora Senayan.
– Tanggal 30 Maret: Kas Keliling Terpadu Istora Senayan.
– Tanggal 31 Maret: Kas Keliling Terpadu Istora Senayan.
– Tanggal 2 April: BI Peduli Mudik di Rest Area KM 57.
-Tanggal 3 April: BI Peduli Mudik di Rest Area KM 57.
– Tanggal 4 April: BI Peduli Mudik di Rest Area KM 57.
– Tanggal 5 April: BI Peduli Mudik di Rest Area KM 57.

Baca Juga  Ditanya Anggaran Makan Siang Gratis, Begini Jawaban Sri Mulyani

Selain di wilayah Jabodebek, BI membuka total layanan penukaran uang baru di 449 titik kas keliling. Tak hanya itu, BI juga berkolaborasi dengan perbankan dan membuka layanan penukaran uang di 4.264 titik kantor cabang di seluruh Indonesia.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button