JatengEmpati

Kepala BNNP Jateng Berharap Unissula Bisa Wujudkan Kampus Bersinar

inilahjateng.com (Semarang) – BNN Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Universitas Sultan Agung Semarang (Unissula) menyelenggarakan Kuliah Umum Antinarkoba pada Selasa  (11/6/2024) di Ruang Aula Gedung Kuliah Bersama (GKB) Lantai 10 Universitas Sultan Agung Semarang.

Kegiatan itu dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024.

Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Brigjen Pol. Dr. H. Agus Rohmat, S.I.K., S.H., M.Hum tampil sebagai narasumber dalam kuliah umum.

Hadir dalam kegiatan itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unissula Muhammad Qomarrudin, ST, M.Sc, PhD dan  Koordinator Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Jawa Tengah Jamaluddin Ma’ruf, S.Farm.

Tak ketinggalan di ruang kuliah umum juga hadir para Wakil Dekan Bagian Kemahasiswaan di Lingkungan Unissula serta mahasiswa Unissula dari berbagi fakultas sebagai peserta.

Baca Juga  Jelang Idul Adha, Baznas Kota Semarang Gelar JULEHA

Sebelum kuliah umum dimulai, acara diawali dengan sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan yang menyampaikan bahwa mahasiswa Unissula sebagai generasi khaira ummah yang artinya generasi yang mendekati perilaku ma’ruf, mencegah perbuatan munkar dan beriman kepada Allah.

“Di Islam itu sangat jelas bahwa sesuatu yang memabukkan, sesuatu yang melenakan atau yang memberikan mudharat pada diri kita dilarang oleh agama Islam atau haram. Mabuk untuk selalu berprestasi boleh, tapi jangan mabuk untuk barang yang haram.” ujar Qomarrudin.

Sebelum penyampaian materi oleh jenderal bintang satu asal Demak ini, acara diawali dengan Deklarasi Kampus Bersinar yang dipimpin oleh salah satu perwakilan mahasiswa dan ditirukan oleh seluruh peserta kuliah umum.

Baca Juga  Kepala BNNP Jateng Tutup Turnamen Futsal Antar Ponpes se-Kota Semarang

Dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat Kampus Bersinar dari Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unissula, penyerahan plakat dan foto bersama seluruh peserta kuliah umum.

Pada kesempatan ini, Brigjen. Pol. Dr. H. Agus Rohmat, S.I.K., S.H., M.Hum memberikan materi berjudul “Masyarakat Bergerak Bersama Melawan Narkoba”.

Agus Rohmat menyampaikan bahwa Presiden Ir.H. Joko Widodo menyatakan jika Indonesia berada dalam situasi darurat narkoba.

Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika merupakan kejahatan luar biasa (extraordinary crime) yang mengancam dunia dan dapat digunakan sebagai salah satu senjata dalam proxy war untuk melumpuhkan kekuatan bangsa.

“Untuk itu saya berharap ada peran serta kampus dan mahasiswa dalam mewujudkan Kampus Bersinar. Yang pertama, silahkan dalam kampus ini dibentuk relawan/UKM/satgas antinarkoba sebagai duta-duta antinarkoba bisa dibuat per-fakultas, yang kedua Penyebarluasan Informasi P4GN di lingkungan Kampus dan Pengabdian Masyarakat saat KKN Mahasiswa, kemudian Program Rehabilitasi Intervensi Berbasis Mahasiswa (IBM) dan deteksi dini melalui res urin kepada civitas kampus,” paparnya.

Baca Juga  FOTO: Tradisi Perang Obor Tegalsambi Jepara

Brigjen Agus Rohmat juga mengajak seluruh peserta untuk berani menolak narkoba, mengajak rehabilitasi bagi pecandu narkoba, dan melaporkan setiap tindak pidana. (*)

Simak terus inilahjateng.com untuk mendapatkan informasi baru dan perkembangan beragam berita peristiwa menonjol di Jawa Tengah serta nusantara mulai politik, hukum, kriminal, ekonomi-bisnis, sosial-budaya, olah raga, kesehatan, pendidikan, pariwisata, hiburan (entertainment), hingga kearifan lokal (local wisdom) dan lainnya.

Back to top button