Jateng

Kolonel Hariyono Klaim Didukung 5 Partai di Pilkada Salatiga

inilahjateng.com (Salatiga) – Bakal calon (Balon) Wali Kota Salatiga Kolonel Marinir Hariyono Masturi mengklaim mendapat dukungan dari lima partai politik untuk maju dalam kontestasi Pilkada Kota Salatiga 2024.

Hal itu, diungkapkan manakala mengembalikan formulir pendaftaran Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Kantor DPC Partai Gerindra Kota Salatiga, Rabu (5/6/2024).

Hariyono mengatakan, partai politik yang kini menyatakan dukungan kepada dirinya antara lain PSI, Hanura, PBB, Perindo, dan Partai Garuda.

“Dan hari ini saya mengembalikan formulir didampingi para relawan mulai ada Laskar HM, Relaxsa, Pasukan 86, dan para purnawirawan,” terangnya kepada inilahjateng.com, di Kantor DPC Partai Gerindra Kota Salatiga.

Ia menambahkan, selain secara seremonial mengembalikan formulir juga dalam rangka berguru kepada Ketua DPC Gerinda Kota Salatiga Yuliyanto sekaligus mantan Wali Kota Salatiga dua periode.

Baca Juga  RS Samsoe Hidajat Fokus Pelayanan Penyakit Degeneratif

Haryono menyebutkan, terkait statusnya masih sebagai anggota TNI aktif hal itu sedang dalam proses pensiun dini. Karena, sesuai undang-undang Pilkada atau PKPU dan aturan internal TNI untuk mundur musti dapat rekomendasi dari partai politik.

“Itu, berupa surat tugas (partai) atau mandat untuk maju ke atasan. Tapi, saat mendaftar ke KPU hal itu akan saya penuhi berkasnya agar diproses KPU, dan diproses maksimal 2 bulan sebelum pencoblosan,” katanya

Dia mengaku, sangat mengapresiasi kepemimpinan Wali Kota Salatiga sebelumnya karena apapun pencapaian dinilai tidak mudah. Secara pribadi, bakal melanjutkan program yang ada dan memperbaiki yang kurang.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Salatiga Yuliyanto menegaskan, sudah cukup mengenal Hariyono Masturi.

Baca Juga  Sekda Jepara Ajak Pengusaha Kuliner Update Pengetahuan

Selain sesama alumni di SMA 2 Kota Salatiga manakala menjabat Danlanal Semarang sering bertemu.

“Dan hari ini saya terima berkas pencalonan Mas Hariyono. Soal kedepan akan dikomunikasi lebih lanjut. Nanti, akan kami dalami juga dengan DPP Gerindra, soal fit and proper test di Jakarta,” ujarnya.

Yuliyanto memaparkan, sosok Hariyono Masturi merupakan putra asli Kota Salatiga. Adapun secara kriteria partai secara umum mendekati. Hanya saja, segala keputusan bakal ditetapkan oleh DPP Gerindra. (RIS)

 

Back to top button