JatengNews

Kunjungi Gereja saat Perayaan Natal, Ini Pesan Wali Kota Semarang

inilahjateng.com (Semarang) – Pemerintah Kota Semarang bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan kunjungan perayaan Natal ke beberapa gereja di Kota Semarang, Senin (25/12/2023).

Lokasi pertama yang dikunjungi yakni Gereja Katedral. Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama jajarannya diterima langsung oleh Uskup Agung Keuskupan Agung Semarang, Mgr Dr Robertus Rubiyatmoko.

“Alhamdulillah saya bersama Forkopimda dan jajaran Pemerintah Kota Semarang melaksanakan kunjungan menyapa jemaat di beberapa gereja di Kota Semarang,” kata Ita di sela kunjungan, Senin (25/12/2023).

Menurutnya, Natal tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena pandemi Covid-19 telah berlalu. “Kalau dulu masih harus berjaga jarak karena Covid. Namun kali ini, kita semua bisa merayakan Natal dengan suka cita,” tuturnya.

Ita berpesan kepada para jemaat, di tahun politik agar tetap menjaga kerukunan dan kondusifitas. “Pasti ada perbedaan pilihan. Karena tahun politik semua punya kebebasan untuk memilih atau menentukan hak pilih. Dengan kondisi seperti ini, kami mohon masyarakat tetap menjaga kondusifitas,” terangnya.

Baca Juga  Konsolidasi Pilkada Solo, Kusumo Sampaikan Gagasan

“Boleh berbeda pilihan namun tetap bersatu. Ini kan ajang pemilihan lima tahun sekali pesta demokrasi. Kami berharap nantinya, dalam Pemilu bisa mendapatkan pemimpin yang mengayomi dan membuat masyarakat semakin sejahtera,” imbuhnya.

Pada suasana Natal, Ita bahkan meminta agar romo dan pendeta serta umat bersama-sama berdoa agar Kota Semarang rukun damai, dan bergotong royong bergerak bersama menjadikan Semarang semakin hebat.

“Mari bersama menyongsong 2024 dengan lebih sukses, lebih maju karena saat ini tahun politik. Pastinya banyak perbedaan-perbedaan (pilihan-red). Mari tetap bersatu, rukun dan damai di perhelatan tahun politik Pemilu 2024,” sebutnya.

Sementara itu, Uskup Agung Keuskupan Agung Semarang, Mgr Dr Robertus Rubiyatmoko mengaku senang dengan kunjungan dan sapaan selamat Natal yang dilakukan Wali Kota Semarang dan jajaran.

Baca Juga  Daftar Wali Kota, Dandan Febri Siap Bawa Salatiga Setara

“Kami berterima kasih sekali atas kebersamaan dan kehadiran Wali Kota Semarang dan jajaran. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena gereja di Semarang dan sekitarnya merasakan kehadiran pemerintah yang mengayomi, dengan sungguh-sungguh memberi perhatian kepada kami semua,” kata Mgr. Rubiyatmoko.

Menurut dia, kunjungan Wali Kota Semarang dan jajaran ke gereja-gereja seperti kali ini, dirasa seperti bentuk sapaan dan bentuk perhatian keibuan yang luar biasa.

“Mari kita merasakan suka cita Natal sebagai saudara, karena kami ingin membangun kebersamaan demi kemajuan masyarakat kita,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan jika gelaran Natal kali ini mengambil tema Berjalan Bersama Menuju Indonesia Damai Natal 2023. “Seperti yang disampaikan Bu Ita tadi, bahwa kita sedang menghadapi peristiwa yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia menyambut Pemilu 2024,” katanya.

Baca Juga  Kereta Api Banyubiru Layani Penumpang di Stasiun Telawa

“Kami berdoa dan berharap pemilu berjalan dengan baik, lancar dan bersungguh-sungguh, diwarnai suasana persaudaraan. Sesuai kehendak Allah,” terang Mgr Rubiyatmoko.

Maka dirinya selalu mendorong umat agar terus mengupayakan Pemilu yang damai dan mengupayakan kebersamaan. “Pilihan boleh berbeda, namun persaudaraan kesatuan bangsa menjadi sesuatu yang diperjuangkan dan diutamakan,” jelasnya.

Tak hanya mengunjungi Gereja Katedral Semarang, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Forkopimda serta jajaran juga menyapa jemaat di Gereja Gereformeerd, Gereja HKBP Kertanegara, Gereja Materdai Semarang. (LDY)

Back to top button