News

Palestina Sebut 24 Anak Gaza Ditahan di Penjara Megiddo Israel


Komisi Urusan Tahanan dan Masyarakat Tahanan Palestina dalam pernyataan bersama pada Minggu (24/3/2024), mengungkap bahwa sekitar 24 anak-anak Palestina dari Jalur Gaza ditahan oleh Israel di Penjara Megiddo.

“Sekitar 94 anak ditahan di penjara di Israel utara, termasuk 24 dari Gaza,” kata pernyataan bersama tersebut.

Menurut pernyataan itu, pihak berwenang Israel menahan sekitar 200 anak Palestina, termasuk lebih dari 40 anak yang ditahan tanpa kasus hukum atau tanpa diadili berdasarkan kebijakan penahanan administratif Israel yang terkenal kejam.

“Otoritas penjara (Israel) terus menerapkan tindakan hukuman terhadap tahanan anak-anak dengan perlakuan serupa dengan yang dilakukan terhadap tahanan dewasa sejak 7 Oktober,” kata pernyataan itu.

Baca Juga  67 Petugas Pemilu di Jateng Meninggal, Ini Respon PJ Gubernur

Pernyataan dari pihak komisi Palestina itu juga menyebutkan bahwa anak-anak yang ditahan di penjara-penjara Israel dilarang mendapatkan kunjungan keluarga.

Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza sejak kelompok perlawanan Palestina, Hamas, melakukan serangan lintas batas pada 7 Oktober 2023 yang menewaskan sekitar 1.200 warga Israel.

Lebih dari 32.200 warga Palestina telah terbunuh dan lebih dari 74.500 orang terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

Serangan Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel digugat di Mahkamah Internasional (ICJ) atas tindakan genosida terhadap warga Palestina di Gaza. Putusan sementara ICJ pada Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

Baca Juga  Jelang Putusan MK, Gibran Gelar Pertemuan di Jakarta

 

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button