Jateng

Panwascam Jepara Dilantik, Dominasi Wajah Lama

inilahjateng.com (Jepara) – 48 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Jepara resmi dilantik oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk gelaran Pilkada 2024. Mereka didominasi wajah lama. 

Mereka dilantik pada Jumat (24/5/2024) di Pendopo R.A. Kartini, Kabupaten Jepara. 

Ketua Bawaslu Jepara, Sujiantoko mengatakan, wajah lama masih mendominasi jajaran Paswacam di Jepara untuk pemilihan gubernur-wakil gubernur dan bupati-wakil bupati.  

Dari 16 kecamatan yang ada di Jepara, masing-masing terdapat 3 anggota Panwascam. 

“Lebih banyak lama. Ada 26 existing lama Panwas Pemilu, tambahan baru ada 22,” kata Sujiantoko. 

Selanjutnya para Panwascam langsung mengerjakan tugasnya dalam tahapan Pilkada seperti membentuk tim sekertariatan dan pengawasan pemuktahiran data pemilih.

Selain itu, mereka juga mengambil alih proses rekrutmen panitia pengawas pemilu kelurahan/desa (PKD) pada bagian wawancara.

Suji juga meminta agar menguatkan koordinasi dan komunikasi dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) untuk menyukseskan Pilkada mendatang. 

“Melakukan wawancara Panwas Desa/Kelurahan. Selain itu untuk koordinasi dan konsolidasi dengan Forkopincam,” ujar dia. 

Suji turut berharap agar Panawascam diberi fasilitas utamanya kesertariatan. 

“Kepada camat di wilayah Jepara untuk bisa memberikan fasilitasi kepalda Panwascam utamanya fasilitasi terhadap terhadap kesertariatan maupun tempat atau kantor dalam pengawasan Pilkada,” terang Suji. (NIF

Baca Juga  Gibran Sebut Partisipasi Masyarakat Kunci Sukses Pilkada Solo
Back to top button