Arena

Pelatih Filipina: Indonesia Tetap Menakutkan Meski Tanpa Jordi Amat


Pelatih Timnas Filipina Tom Saintfiet menyatakan kalau dirinya cukup senang dengan kabar absennya Jordi Amat, bek tengah sekaligus kapten Timnas Indonesia.

Meski demikian, Saintfiet menolak menganggap hal tersebut sebagai sebuah keberuntungan. Sebab, dengan atau tanpa Jordi Amat sekalipun, skuad Garuda kata dia tetap menjadi lawan yang menakutkan.

“Saya tidak bisa menyebutkan satu pemain, karena seluruh pemain berada di top level. Mungkin tim kami sedikit senang bahwa Jordi Amat absen karena kartu merah, karena dia adalah pemain yang sangat penting di lini pertahanan,” kata dia dalam jumpa pers jelang laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2024).

Baca Juga  JK Irit Bicara soal Anies Maju Pilgub Jakarta

“Tapi mereka punya alternatif yang bagus. Sehingga tidak ada kata yang mudah melawan mereka,” ujar sang pelatih menambahkan.

Jordi Amat sendiri dipastikan absen karena terkena kartu merah saat Timnas Indonesia melawan Irak di laga sebelumnya. Dalam laga tersebut, tim asuhan Shin Tae-yong takluk lewat skor 0-2.

“Timnas Indonesia akan tetap memainkan formasi 3-4-3, dengan pola ofensif. Mereka punya wing back berbahaya, penyerang mereka juga aktif bergerak, ditambah ada tekanan dari lini tengah yang baik, mereka kuat secara fisik, tentu karena adanya pemain keturunan,” kata pelatih asal Belgia memprediksi permainan Garuda.

Saintfiet pun menyebutkan beberapa pemain yang dinilainya akan menjadi pembeda pada laga nanti. Mereka adalah Thom Haye, Shayne Pattynama hingga Sandy Walsh.

Baca Juga  Chemistry Pemain, Kendala PSIS Hadapi Turnamen Internasional

“Jadi mereka tidak bergantung pada satu pemain. Seluruh tim memiliki kualitas untuk bermain ofensif. Saya yakin besok mereka akan mencoba menyerang di 20 menit pertama dan mencoba mencetak gol. Intinya Indonesia adalah tim yang suka tampil menyerang, mereka juga berbahaya dalam transisi, terkadang defense-nya juga kuat,” ujar sang juru racik.

Filipina sudah dipastikan gagal melangkah ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah terdampar di peringkat terakhir klasemen Grup F dengan perolehan satu poin.

Sementara, Indonesia saat ini menempati peringkat kedua klasemen Grup F dengan tujuh poin, ditempel Vietnam yang berada di urutan ketiga dengan enam angka.

Adapun Irak kian kokoh berada di puncak klasemen dengan mengantongi 15 poin dan sudah dipastikan lolos ke putaran ketiga.

Baca Juga  Penggemar Kecam Taylor Swift Karena Membisu Mengenai Pembataian Gaza

Untuk mengikuti jejak Irak, Timnas Indonesia hanya membutuhkan tambahan tiga poin. Kesempatan itu bisa diraih asal Justin Hubner cs mampu menjinakkan Filipina di laga pemungkas Grup F pada Selasa (11/6/2024) hari ini.

Back to top button