News

Soal Kabinet, Gibran Akui Bakal Minta Masukan Jokowi


Calon wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan dirinya akan meminta masukan ke Presiden Joko Widodo dalam menyusun Kabinet pemerintahannya bersama Prabowo Subianto.

Gibran mengatakan, meskipun meminta masukan kepada Jokowi namun dirinya menyerahkan kepada Prabowo terkait siapa yang akan bergabung.

Hal tersebut diungkapkan, usai Gibran menghadiri acara Silahturahmi dan Buka Puasa bersama Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih 2024-2029 di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Senin (25/3/2024).

“Ya mungkin masukan, tapi penentuannya di Pak Prabowo ya,” ujar Gibran kepada wartawan, Senin (25/3/2024).

Gibran menuturkan, dalam menyusun kabinet dirinya telah melakukan pembicaraan bersama Prabowo Subianto.

“Sudah lama dari kemarin-kemarin. Sudah dibicarakan dari kemarin-kemarin,” kata dia.

Baca Juga  Menkumham Ungkap Fitur Khusus Perjanjian Ekstradisi dengan Singapura

Namun, dia belum merinci sudah sejauh mana pembicaraan susunan kabinet tersebut. Dia mengatakan ada kemungkinan untuk mengajak partai dari koalisi lain untuk bergabung.

“Bisa jadi,” ucapnya.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024.

Hal itu ditetapkan Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari melalui berita acara KPU nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024, yang dibacakan saat rapat pleno terbuka penetapan hasil pemilu tahun 2024 secara nasional, di gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024).

“Jumlah suara sah secara nasional sebanyak 164.227.475. Sebagaimana tercantum dalam formulir D hasil nasional Pemilu Presiden-Wakil Presiden,” ucap Hasyim.

Baca Juga  Ditetapkan sebagai Pemenang, Prabowo: Kita Mesti Bangga Pemilu Indonesia Diakui Dunia

Hasyim menuturkan, Prabowo-Gibran menang dengan mendapatkan 96.214.691 suara. Sementara pasangan nomor urut satu, Anies-Muhaimin menduduki posisi kedua dengan 40.971.906 suara. Sedangkan pasangan nomor urut tiga, Ganjar – Mahfud meraih 27.040.878 suara.
 

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button